sharingilmu.web.id

Belajar tak akan lengkap jika kita tidak berbagi

Prinsip Berbisnis

Posted by admin on 16 Feb 2011

1. LOVE YOUR CUSTOMER, RESPECT YOUR COMPETITOR
Cintailah pelanggan Anda, dan hormatilah para competitor Anda.

2. BE SENSITIVE TO CHANGE AND BE READY TO TRANSFORM
Dunia tidak akan selamanya seperti ini. Bisnis akan terus berubah. Kompetisi yang semakin sengit tidak mungkin dihindari lagi.

3. GUARD YOUR NAME, BE CLEAR AND WHO YOUR ARE
Penting menjaga nama baik. Menjadi koruptor termasuk orang yang tidak bisa menjaga nama baik. padahal di dalam marketing diajarkan, “brand name is every thing”. Seringkali orang membeli barang yang brand name bagus, walaupun secara kualitas, barang tersebut sama dengan yang lain. Guard your name be clear of who your are.

4. CUSTOMER ARE DIFFERS, GO FIRST TO WHOM REALLY NEED YOU
Sebetulnya ini adalah prinsip segmentation. Anda tidak perlu pergi ke semua orang yang businessman, tetapi pergilah ke orang yang betul-betul membutuhkan Anda.

5. ALLWAYS OFFER GOOD PACKAGE AT A FAIR PRICE
Dalam prinsip ini, kita tidak boleh menjual barang jelek dengan harga yang tinggi.

6. ALWAYS MAKE YOURSELF AVAILABLE, AND SPREAD THE GOOD NEWS
Pada dasarnya, marketing harus menyebarkan kabar gembira, tapi kabar gembira yang baik.

7. GET YOUR CUTOMER, KEEP, AND GROW THEM
Sekali Anda mendapatkan pelanggan, peliharalah hubungan yang baik dengan mereka. Anda harus memastikan bahwa mereka selalu puas dengan layanan yang Anda berikan, sehingga mereka menjadi loyal kepada Anda. Ini yang namanya keep the customer. Keep the customer saja tidak cukup, seterusnya Anda juga harus grow the customer.

8. WHATEVER YOUR BUSINESS, IT IS A SERVICE BUSINESS
Service business bukan hanya diterapkan pada bisnis hotel. Service business bukan hanya diterapkan pada bisnis retoran, tapi what ever your business Anda harus mempunyai jiwa melayani pelanggan.

9. ALWAYS REFINE YOUR BUSINESS PROCESS IN TERM OF QUALITY, COST, AND DELIVERY
Tugas sebagai marketer adalah untuk selalu meningkatkan QCD : Quality, Cost, and Delivery. Kasihan pelanggan kalau kita memberikan barang yang rongsokan.

10. GATHER RELEVANT INFORMATION, BUT USE WISDOM IN FINAL DECISION
Prinsip ini mengingkatkan kita untuk terus menerus belajar, belajar, dan belajar. Karena dunia ini berubah terus, Anda tidak bisa menjadi businessman, atau seorang marketer yang hanya menggunakan pendekatan-pendekatan lama, walaupun pendekatan itu dulunya bagus. Tapi sekarang, pendekatan-pendekatan itu harus terus-menerus diubah atau diperbaharui.


Categories: Bacaan, Bisnis



+ 2 = 5