sharingilmu.web.id

Belajar tak akan lengkap jika kita tidak berbagi

Pemimpin yang Baik

Posted by admin on 22 Dec 2011

Setiap manusia adalah seorang pemimpin, minimal adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Seseorang jika belum bisa memimpin dirinya sendiri berarti dia belum siap memimpin orang lain. Karena jika memimpin dirinya sendirinya saja tidak bisa, bagaimana nantinya akan memimpin orang lain?Saat ini negara Indonesia sedang krisis pemimpin, yang saya maksud di sini adalah krisis pemimpin yang baik. Memang banyak sekali pemimpin yang ada di negara ini, tetapi tidak semuanya adalah pemimpin yang baik yang dapat membimbing masyarakatnya menjadi masyarakat yang baik pula. Seharusnya seorang pemimpin menjadi contoh yang baik bagi yang dipimpin, tetapi kadang pemimpin malah memberikan contoh yang tidak baik. Korupsi merupakan salah satu contoh konkrit tindakan pemimpin-pemimpin di indonesia yang tidak patut dicontoh karena selain merugikan bangsa dan negara, tindakan tersebut juga dapat merusak moral bangsa.

Oke di sini saya tidak akan membahas tentang para pemimpin di indonesia. Saya hanya akan sedikit memberikan gambaran tentang bagaimana sih pamimpin yang baik itu. Seorang pemimpin yang baik memiliki beberapa kriteria, yaitu :
1. Teladan, baik secara sikap, perbuatan, mau pun tindakan
Pemimpin itu teladan, baik secara sikap, perbuatan, mau pun tindakan. Jadi jelas bahwa pemimpin harus bisa menjadi contoh dan teladan yang baik.
2. Hanya berorientasi pada memberi dan tidak memiliki rasa pamrih
Pemimpin yang baik hanya berorientasi pada memberi, tidak memiliki rasa pamrih sedikitpun dan tidak mengharapkan untuk diberi.
3. Memiliki karya, bukan hanya sekedar wacana
Seperti kriteria yang pertama yaitu pemimpin harus memberi contoh dan teladan yang baik. Salah satunya adalah dengan berkarya, dengan memiliki karya, seorang pemimpin dapat menginspirasi orang-orang yang dipimpin dengan karya yang dia miliki.
4. Siap memimpin dan siap dipimpin
Pemimpin yang baik harus siap memimpin dan itu pasti. Karena seorang pemimpin yang tidak siap memimpin itu bukanlah seorang pemimpin. Dan selain itu, setiap saat seorang pemimpin juga harus siap dipimpin. Karena suatu saat seorang pemimpin akan dipimpin oleh orang lain. Seperti halnya seorang pembicara tidak selamanya berbicara terus,tetapi suatu saat dia juga harus mendengarkan.
5. Mampu melahirkan pamimpin-pemimpin yang lebih baik dari dirinya.
Pemimpin yang baik mampu melahirakan pemimpin-pemimpin yang lebih baik dari dirinya yang nantinya mampu menggantikan dia saat dia sudah tidak memimpin lagi.


Categories: Motivasi



6 × = 54