sharingilmu.web.id

Belajar tak akan lengkap jika kita tidak berbagi

Jokowi Kebanggaanku, Kebanggaan Kota Solo

Posted by admin on 06 May 2012

Ir. Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi merupakan sosok pemimpin yang hebat . Seorang pemimpin yang mampu mengayomi rakyatnya dan mampu menciptakan suasana yang damai dan tentram di kota yang dipimpinnya. Pengusaha mebel yang meraih gelar insinyur dari Fakultas Kehutanan UGM pada tahun 1985 ini merupakan salah satu figur pemimpin yang disukai oleh rakyatnya. Meskipun awalnya banyak yang meragukan kemampuannya, namun setahun setelah ia memimpin banyak gebrakan progresif yang dilakukan olehnya sehingga masyarakat akhirnya mengakui kehebatannya dalam memimpin. Dengan kebijakan-kebijakannya, Solo mengalami perubahan yang sangat pesat. Jokowi mampu merelokasi pedagang barang bekas di Taman Banjarsari hampir tanpa gejolak untuk merevitalisasi fungsi lahan hijau terbuka dan melakukan komunikasi langsung rutin dan terbuka dengan masyarakat. Selain itu, Taman Balekambang yang dulu terlantar semenjak ditinggalkan oleh pengelolanya, sekarang dijadikannya taman yang indah dan ramai dikunjungi oleh masyarakat, baik masyarakat Solo mau pun masyarakat dari luar Solo.

Kota solo memang tidak memiliki banyak tempat wisata untuk dikunjungi, tetapi kota Solo memiliki banyak budaya yang menarik. Selain itu, budaya yang dimiliki kota Solo selalu disajikan dalam bermacam-macam event yang dapat menarik minat pengunjung untuk berkunjung ke kota Solo. Memang tidak salah Solo mendapat julukan “Solo The Spirit of Java”, selain memiliki banyak budaya yang menarik, kota Solo juga memiliki pemimpin yang hebat.

Yang membuat saya kagum dan bangga dengan Jokowi adalah kemampuan baliau dalam memimpin kota Solo. Beliau selalu memikirkan kepentingan publik dan tidak terlena dengan kekuasaan yang sudah didapat. Bahkan beliau tak pernah mengambil gajinya selama menjabat sebagai Walikota Solo dan semua gajinya itu ia sumbangkan. Sungguh sosok pemimpin yang patut dicontoh.

Kemampuan memimpin Jokowi memang sudah tidak diragukan lagi. Di Pilgub (Pemilihan Gubernur) tahun ini beliau mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta dengan Basuki Tjahaja Purnama, mantan Bupati kabupaten Belitung Timur. Meskipun baliau bukan orang jakarta, tetapi saya yakin akan banyak yang mendukung beliau, termasuk masyarakat kota Solo.


Categories: Bacaan



+ 7 = 9