sharingilmu.web.id

Belajar tak akan lengkap jika kita tidak berbagi

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau yang sering disebut dengan Human Computer Interaction (HCI) merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang manusia, teknologi, dan bagaimana mereka saling berinteraksi. HCI merupakan hubungan antara manusia dengan komputer baik itu secara langsung mau pun tidak langsung. Human yang dimaksud di sini adalah seseorang atau organisasi yang terdiri dari banyak orang yang bekerja secara bersama-sama untuk tujuan atau visi tertentu. Sedangkan komputer merupakan sebuah alat atau pun device seperti desktop, PC, mobile, smartphone, dan lain sebagainya yang juga bisa digunakan untuk berkomunikasi, untuk browsing internet, untuk membuat program, untuk bermain game, atau pun hal-hal lain yang bisa dilakukan oleh manusia dan mendukung kegiatan manusia tersebut. Sedangkan interaction merupakan sebuah hubungan timbal balik atau komunikasi antar komputer dan manusia baik secara langsung mau pun tidak langsung dan hubungan ini memiliki manfaat yang lebih bagi manusia itu sendiri.

human computer interactionHCI sendiri memiliki 3 karakteristik, yaitu useful, usable, dan used. Useful memiliki ciri yaitu produk tersebut harus berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia, sebagai contohnya pada masa lalu manusia mengetik/membuat surat hanya dengan menggunakan mesin ketik, tapi pada zaman sekarang karena teknologi semakin maju, maka dibuatlah komputer yang juga bisa digunakan untuk mengetik. Apa perbedaan antara keduanya? mesin ketik hanya bisa digunakn untuk mengetik saja, sedangkan komputer selain dapat digunakan untuk mengetik, komputer juga dapat digunakan oleh manusia untuk melakukan hal-hal lain yang  mendukung kegiatan manusia seperti browsing internet, membuat kode program, memainkan musik, dan lain-lain. Sedangkan usable memiliki ciri yaitu software/device tersebut dapat dipelajari dengan cepat oleh user dan cara mengaplikasikannnya pun mudah/tidak terlalu rumit, sebagai contohnya adalah pada e-mail yang sering kita jumpai di internet dan juga sering kita gunakan untuk mengirim e-mail ke orang lain. Ketika kita ingin membuat e-mail dan mengirimnya, kita tinggal melakukan klik pada tombol new kemudian send sehingga e-mail tersebut akan terkirim ke e-mail yang kita tuju. Kita bisa melakukan pengiriman e-mail ini dengan mudah karena desain yang dibuat oleh e-mail tersebut mudah untuk kita pelajari sehingga kita tidak perlu berhari-hari untuk mempelajarinya. Karakteristik yang ketiga dari HCI adalah used, di mana used memiliki ciri-ciri yaitu memiliki desain yang menarik untuk dilihat, desain software yang digunakan pun tidak asal-asalan tapi juga sesuai dengan kebutuhan dan juga berdasarkan ilmu pengetahuan. Sebagai contohnya adalah mouse pada zaman dulu memiliki bentuk kotak yang tidak begitu nyaman jika kita gunakan tetapi pada zaman sekarang berubah menjadi agak melengkung sehingga nyaman jika digunakan oleh manusia.

Dalam sejarah perkembangannya, HCI di masa lalu dan di masa sekarang memiliki karakteristik yang berbeda. HCI di masa lalu memiliki beberapa karakteristik, yaitu berpusat pada fungsi/proses (function process centered), tidak banyak menggunakan grafis, dan berkembangnya pada segi hardware. Sedangkan karakteristik HCI pada masa sekarang adalah berpusat pada pengguna (user centerd), banyak menggunakan grafis, perkembangannya dari segi hardware mau pun software, dan teknologinya ditujukan pada natural feel dan motion capture touch screen.

Prediksi untuk HCI di masa mendatang, secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan juga memiliki banyak kemampuan. Diantaranya adalah melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi adalah kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya pun semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan dibandingkan komputer pada masa sekarang. Dan kemungkinan teknologi di masa mendatang pastinya akan didominasi oleh penerapan artificial intelligent (kecerdasan buatan).

Ada pun beberapa teknologi yang sangat berperan dalam HCI di masa mendatang, yaitu sebagai berikut :
1. Holografi
Holografi merupakan teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam.
2. Biometric
Biometric merupakan sebuah ilmu untuk mengukur karakteristik tubuh perorangan. Alat keamanan biometric mengidentifikasi seseorang melalui sidik jari, karakteristik tangan, mata atau wajah, intonasi suara dan ciri-ciri biologis lainnya.
3. Virtual Reality
Virtual Reality atau realitas maya adalah program informasi “immersive” (atau area yang luas), multi-sensory, yang digenerate melalui komputer yang men-track pengguna secara real time.


Categories: About IT, Pengetahuan

One Response so far.

  1. wah pembahasan yang menarik :)

    thanks and keep sharing :D




4 × 3 =