sharingilmu.web.id

Belajar tak akan lengkap jika kita tidak berbagi

Content Management System

Posted by admin on 23 Jul 2013

Content Management System (CMS) merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang memiliki sistem sedemikian hingga dan dapat memberikan kemudahan kepada para pengguna untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari sebuah situs web. CMS memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis seperti pengetahuan tentang pemrograman HTML mau pun PHP. Dengan demikian setiap orang dapat menggunakannya dengan leluasa untuk membuat, menghapus, atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari webmaster.

Karena CMS memisahkan antara isi dan desain, kosnsistensi tampilan dapat senantiasa dijaga dengan baik. Setiap bagian dari website dapat memiliki isi dan tampilan yang berbeda-beda tanpa harus khawatir kehilangan identitas dari website secara keseluruhan.

Sesuai dengan nama CMS itu sendiri, website yang menerapkan sistem ini berorientasi terhadap konten. Sudah bukan merupakan kendala yang berarti bagi manajemen atau humas suatu perusahaan/institusi/organisasi untuk memperbaharui website-nya. Dengan hak akses dan otoritas masing-masing, setiap bagian dari perusahaan/institusi/organisasi dapat memberikan kontribusinya ke dalam website tanpa prosedur yang sulit.

Pada umumnya sebuah CMS memiliki dua bagian kategori, yaitu :
Public Frontend, adalah kelompok yang dapat melakukan akses/login pada halaman depan namun tidak mendapatkan akses untuk melakukan akses pada halaman administrasi backend.
Public Backend, adalah kelompok yang dapat melakukan akses/login, baik pada halaman frontend maupun halaman backend, dengan kata lain kelompok public backend ini adalah kelompok dari anggota pengelola website.

Selain dari beberapa hal yang telah disebutkan di atas, CMS juga dapat memberikan sejumlah manfaat kepada penggunanya yaitu dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut :

  1. Membuat website perusahaan, bisnis, organisasi, dan komunitas
  2. Membuat aplikasi E-Commerce
  3. Mengelola website pribadi/blog
  4. Membuat forum
  5. Dan lain sebagainya

Ada pun beberapa jenis CMS, baik itu CMS yang commercial mau pun yang open source, yaitu sebagai berikut :
CMS yang commercial:

  1. Sitecore (www.sitecore.net)
  2. EpiServe (www.episerver.com)
  3. Ektron (www.ektron.com)

CMS e-Commerce :

  1. osCommerce (oscommerce.com)
  2. Prestashop (prestashop.com)
  3. Magento (magentocommerce.com)
  4. OpenCart (openchart.com)
  5. VirtueMart (virtuemart.net)
  6. CubeCart (cubecart.com)

CMS Open Source :

  1. Drupal (drupal.org)
  2. Mambo (mamboserver.com)
  3. Joomla (joomla.org)
  4. WordPress (wordpress.org)

Categories: About IT, Pengetahuan

One Response so far.




9 − 2 =